Friday, July 12, 2013

sholat sehat



*langkah mudah memecahkan masalah

Sehat menjadi dambaan semua, untuk mendapatkannya berbagai cara ditempuh, diantaranya dengan melakukan gerakan fisik (olah raga). Dalam kehidupan modern ini memang tidak banyak memerlukan gerakan fisik, akibatnya tubuh secara alamiah berangsur menyesuaikan diri, masa dan kekuatan otot dan tulang menurun. 

Memang dengan rutin melakukan gerakan fisik tertentu dengan bobot dan atau frekuensi yang lebih tinggi dari keseharian, kekuatan fisik akan terjaga bahkan dapat semakin meningkat, tubuh khususnya otot secara alami akan menjadi lebih kuat.  Namun untuk menjaga intensitas dan rutinitas bukan suatu hal yang mudah, bahkan  banyak yang kemudian berhenti.

Sebenarnya tanpa disadari, kita secara rutin telah melakukan gerakan fisik yakni saat melakukan Sholat, hanya saja intensitasnya kurang memadai dan belum diniatkan untuk menjaga atau meningkatkan kesehatan. Ada 5 kesempatan sehari, dan 4 gerakan Sholat yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan,  yakni bangun berdiri,  rukuk, sujud, dan salam.
Dengan meningkatkan intensitas gerakan bangun berdiri dapat menguatkan tubuh bagian bawah, rukuk meregangkan ruas tulang punggung baik untuk persyarafan, sujud menguatkan tubuh bagian atas, salam menguatkan leher dan punggung.

Ayo coba, saat bangun berdiri lakukan dengan sepelan mungkin, saat merebah rukuk biarkan lepas tidak lagi ditahan tangan, saat merebah sujud lakukan sepelan mungkin gunakan hanya tangan sebagai penahan tidak lagi gunakan dengkul dan otot punggung, saat salam gerakkan juga badan tidak hanya kepala dan leher.

Jika dilakukan rutin, dari pengalaman pada bulan pertama telah dirasa adanya perubahan, otot semakin kuat padat lentur, aliran darah balik makin lancar karena terdorong oleh gerakan otot. Jika merasa sudah semakin kuat, setelah selesai Sholat, dapat ulangi gerakan lebih cepat, sampai lelah.
 
Gerakan ini sangat baik untuk usia lanjut dan yang merasa kekuatan fisiknya menurun, juga untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Bagi orang tua, keluhan kesemutan, pegal-pegal, sakit otot, mudahan berangsur menjauh. 

Selamat mencoba, beribadah manfaat plus.

         (atenSuharto)  as130223

No comments:

Post a Comment